Tentang Manfaat Dan Kandungan Kolostrum

Angelica Blog kali ini akan share tentang Tentang Manfaat Dan Kandungan Kolostrum |  Bagi seorang ibu pasti sudah mengetahui apa itu kolostrum. Kolostrum adalah cairan susu yang dihasilkan oleh kelenjar susu dalam waktu 24-36 jam setelah melahirkan, cairan kolostrum berwarna kuning dan kental. Seorang ibu yang baru melahirkan sudah pasti akan menghasilkan kolostrum, oleh sebab itu banyak sekali dokter kandungan maupun bidan yang menyarankan agar cairan susu yang pertama kali keluar setelah melahirkan sebaiknya jangan sampai dibuang melainkan diberikan kepada bayi yang baru lahir, karena kandungan yang dimiliki dalam kolostrum sangat baik bagi pertahanan tubuh seorang bayi.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa manusia dan sapi memiliki kandungan kolostrum yang sangat mirip, bahkan kolostrum susu sapi empat kali lebih kaya kandungan untuk faktor kekebalan tubuh, sehingga saat ini sebagian susu pertumbuhan sudah mengandung kolostrum susu sapi, yang akan membantu pertumbuhan serta daya tahan tubuh. Kolostrum memiliki beberapa fungsi, mulai dari fungsi untuk kekebalan tubuh ( imunitas tubuh ), untuk pertumbuhan, dan juga untuk nutrisi.

1. Kekebalan tubuh (imunitas tubuh)

Mengandung Imunoglobulin, Lactoferin, Lactabulmin, Glycoprotein, Cytokines yang sangat berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh, yang akan membantu melawan virus, jamur dan bakteri dalam tubuh. Selain membantu menjaga daya tahan tubuh, kolostrum juga dapat berfungsi untuk membantu menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh, seta kaya dengan kandungan TgF-B yang membantu terapi bagi seorang penderita kanker.

2. Pertumbuhan
  • Kandungan kolostrum
  • Kandungan kolostrum
Pada faktor pertumbuhan, kolostrum mengandung faktor pertumbuhan alami yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh, memperbaiki sistem DNA dan RNA, merangsang pertumbuhan hormon (HGH), mengandung mineral, anti-oksidan, enzim, asam amino, vitamin A, B12, dan E, selain itu juga berfungsi memperbaiki dan meningkatkan pertumbuhan jaringan tubuh.

3. Nutrisi

Untuk fungsi nutrisi kolostrum banyak mengandung kalsium, vitamin, protein, tenaga dll. Semua kandungan ini berfungsi untuk menguatkan tonus dan tekstur kulit, membantu meningkatkan daya ingat, meningkatkan energi tubuh, membantu pertumbuhan rambut bagi pria, menghilangkan kerutan, meningkatkan kekuatan dan juga jumlah otot, meningkatkan fleksibilitas punggung, dan masih banyak lagi fungsi yang lainnya.

Demikianlah beberapa hal yang dapat saya sampaikan mengenai kolsotrum, sebenarnya masih banyak lagi kandungan kolostrum yang lainnya yang belum saya jabarkan. Namun, saya berharap dengan adanya artikel ini, kita akan lebih faham mengenai manfaat kolostrum terutama bagi seorang bayi yang baru lahir. Terima kasih atas kunjungannya di Angelica Blog.
Ditulis oleh: Edwin Insomnia Selasa, 16 April 2013